Multivibrator Bistable

Posted on Mei 31, 2020

    Halo semua, kembali lagi di ESM Knowledge. Kali ini kita akan membahas lagi salah satu aplikasi dari transistor juga yang bernama Multivibrator Bistable. Ini kebalikannya dari Multivibrator Monostable , Bi bisa diartikan dua atau rangkap dua, Stable berarti stabil dan multivibrator adalah bentuk osilator pengenduran yang terdiri atas dua tingkat yang terhubung sehingga masukan dari tiap tingkat menjadi keluaran dari tingkat yang lain. Jadi Multivibrator Bistable adalah jenis lain dari dua keadaan yang serupa dengan Monostable Multivibrator yang kita lihat di postingan sebelumnya namun perbedaannya kali ini adalah bahwa kedua menyatakan stabil. 
    
    Multivibrator Bistabil dapat dialihkan dari satu kondisi stabil ke yang lain dengan penerapan pulsa pemicu eksternal sehingga, diperlukan dua pulsa pemicu eksternal sebelum kembali ke keadaan semula. Karena multivibrator Bistabil memiliki dua keadaan stabil, mereka lebih dikenal sebagai Latch (kait/kunci) dan Flip-flop untuk digunakan dalam rangkaian tipe sekuensial (berurutan). Hal ini dapat disimpulkan bahwa cara kerja dari Multivibrator Bistable sama halnya seperti Flip-Flop yang telah dijelaskan diatas tadi. 

Palang Pintu Kereta

    Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan gambar diatas kan, yap lampu palang pintu kereta ini menggunakan sistem Flip-flop juga karena nyala lampunya yang bergantian, inilah salah satu pengaplikasian nyata dari Multivibrator Bistable ini. 
Rangkaian Bistable Multivibrator - ESM Knowledge

    Gambar diatas adalah salah satu contoh rangkaian dari Multivibrator Bistable, disini saya akan coba simulasikan rangkaian tersebut pada proteus seperti gambar dibawah ini.


    Dari simulasi ini, ketika kita beri input secara bergantian maka nantinya lampu juga akan menyala bergantian seiring dengan input yang diberikan. Sekian untuk pelajaran kali ini, semoga apa yang kita dapatkan kali ini bisa menjadi berkah bagi kita semua. Mohon maaf bila ada kesalahan dari penjeasan ini, sampai jumpa di pelajaran yang selanjutnya.

Download disini
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Hubungi kami: