Software Simulasi Rangkaian Elektronika Terbaik

    
Software Simulasi Rangkaian Elektronika Terbaik - ESM Knowledge

    Halo sobat ESM, kembali lagi di ESM Knowledge. Postingan kali ini akan membahas daftar software simulasi rangkaian elektronika terbaik versi ESM Knowledge yang saya pribadi juga pakai untuk keperluan kuliah ataupun bekerja. Software ini sangat berguna untuk keperluan perancangan rangkaian, simulasi rangkaian, pembuatan PCB juga ada, serta terdapat simulasi nilai tegangan, arus, dan lainnya secara real time. Untuk kalian para anak teknik apalagi yang dari jurusan atau prodi yang belajar elektronika atau yang hobi dan bergelut di bidang elektro bisa langsung kita cek postingan berikut ini.

1. Proteus

    Software ini sepertinya sudah tidak asing bagi kalian, karena software ini memang banyak digunakan oleh para pelajar bahkan para pekerja yang bergelut dibidang elektronik. Proteus adalah software yang digunakan untuk membuat simulasi rangkaian baik itu mikroprosesor, rangkaian skematis, bahkan software ini bisa membuat desain PCB. Proteus sendiri dikembangkan oleh Labcenter Electronics yaitu sebuah perusahaan yang berfokus pada elektronik. Di dalam proteus ini terdapat sub-software dengan kegunaan masing - masing seperti ISIS schematic capture, ARES PCB Layout, dan VSM (Visual System Modeling).

Proteus - ESM Knowledge


2. Circuit Wizard

    Aplikasi ini hampir seperti proteus karena fungsinya sama untuk membuat skema elektronik dan membuat desain PCB juga, namun untuk tampilan dan untuk mencari komponen lebih mudah sehingga yang masih awam dengan software rangkaian elektronik mudah menggunakannya. Aplikasi ini merupakan penggabungan antara software LiveWire dan PCB Wizard menjadi satu software yang membuat saya suka dengan aplikasi ini. Ditambah terdapat fitur perencanaan biaya pada aplikasi ini setelah kita membuat skema elektronik yang menjadikan aplikasi ini cocok sekali untuk para perancang PCB yang mau menentukan harga pada hasil PCB yang dibuat.

Circuit Wizard - ESM Knowledge

3. Fritzing

    Siapa yang tau Arduino? Software Fritzing ini cocok untuk yang mau mensimulasikan arduino pada PC dan yang mau belajar arduino tanpa hardware arduino itu sendiri.Aplikasi ini juga berfungsi untuk membuat sebuah skema rangkaian elektronika secara real karena komponen - komponennya digambarkan sangat mirip dengan komponen aslinya. Tidak hanya untuk menggambar skema saja, aplikasi ini juga bisa untuk membuat PCB Layout dan pastinya memprogram arduino langsung pada aplikasi ini. Namun ada kelemahan pada aplikasi ini karena tidak dapat melakukan simulasi real time pada rangkaian yang telah dibuat (Press F for pay respect :D ).
Fritzing - ESM Knowledge

4. EAGLE

    Bukan elang yah, EAGLE adalah singkatan dari Easily Applicable Graphical Layout Editor. Baru tau kan singkatan nya? sama saya juga :D. Software ini merupakan aplikasi untuk membuat skematik elektronik dan PCB. Pengembang dari aplikasi ini dulunya dipegang oleh CadSoft Computer dan sekarang sudah dipegang oleh Autodesk. Kelebihan dari software ini yaitu library komponen yang cukup lengkap seperti proteus dan pemakaian aplikasi ini cocok untuk para pendesain PCB karena banyak yang sudah memakai aplikasi ini dan banyak juga para komunitas pengguna EAGLE ini.

EAGLE - ESM Knowledge

    Nah itu dia beberapa daftar software simulasi rangkaian elektronika yang terbaik versi ESM Knowledge. Buat yang penasaran dengan aplikasinya, silahkan download aplikasinya melalui Google yah. hehe soalnya kami tidak menyediakan aplikasinya terkait dengan lisensi dan kebijakan dari para pengembang software tersebut. Semoga postingan ini dapat bermanfaat dan juga bisa menjadi referensi untuk mencoba software tersebut. Sampai jumpa lagi di pertemuan berikutnya dan masih di ESM Knowledge. Jangan lupa share juga postingan ini agar ilmu yang telah kita dapat bisa bermanfaat juga bagi orang lain. Sampai jumpa sobat ESM.   
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Hubungi kami: