10 Prospek Kerja Prodi Mekatronika dan Apa Itu Mekatronika

Posted on June 21, 2020

    Halo semua, kembali lagi di ESM Knowledge. Kali ini kita akan membahas 10 Prospek Kerja Prodi Mekatronika dan Apa Itu Mekatronika. Karena banyak yang masih bingung atau mungkin belum tau apa itu mekatronika. Maka dari itu langsung saja kita bahas perihal hal ini.

Pengertian Mekatronika

Baganbundar mekatronika - ESM Knowledge

    Mengutip dari Wikipedia, mekatronika berasal dari kata mekanika, elektronika, dan informatika yang dimana ilmu yang diajarkan di mekatronika merupakan penerapan ilmu mekanika, elektronika, dan informatika. Mekatronika juga merupakan jurusan dengan konsentrasi dibidang industri terutama otomasi dan instrumentasi serta robotika. Untuk kamu yang memiliki minat pada elektronik, mekanik, robot, dan hal-hal tentang industri, jurusan ini sangat cocok guys. 
    Pada kehidupan sehari-hari sudah banyak yang telah menerapkan ilmu mekatronika ini seperti Smart Home, Penyiram tanaman otomatis, dan lainnya. Maka dari itu pelajaran yang didapatkan antara lain seperti:
  1. Dasar-dasar kelistrikan dan elektronika
  2. Gambar Teknik
  3. Penerapan Fisika dan Matekatika
  4. Dasar-dasar pemesinan
  5. Algoritma dan Pemrograman
  6. Pekerjaan bengkel dan perkakas
  7. Sensor, Transduser, dan Aktuator
  8. Mikrokontroler dan Mikroprosesor
  9. Pneumatic dan Hydrolic
  10. Programmable Logic Controller (PLC)
  11. SCADA dan DCS
  12. Dan lain-lain
    Hmm menarik bukan apa yang dipelajari di mekatronika. Lalu setelah kita mempelajari hal tersebut nanti prospek kerja kita setelah lulus bagaimana? tenang saja guys, seiring perkembangan teknologi yang berkembang pesat setiap harinya membuat teknik mekatronika ini cukup dilirik oleh para pelaku usaha atau bahkan kita bisa mengembangkan usaha itu sendiri. Berikut saya berikan beberapa peluang kerja ketika sudah lulus di mekatronika:

1. Bidang Industri Otomotif

    Kebutuhan suatu kendaraan dan suku cadangnya sangat diperlukan masyarakat dan ini menjadikan peluang bagi para lulusan mekatronika untuk ikut andil dalam produksi otomotif ini. Jadi salah satu prospek kerja dari lulusan mekatronika bisa terjun ke bidang industri otomotif.
Industri Otomotif - ESM Knowledge

2. Bidang Industri Pertambangan/Perminyakan

    Siapa yang tertarik bekerja di pertambangan/perminyakan? lulusan mekatronika banyak dicari juga loh oleh pelaku usaha ini, karena kebutuhan kendali pada prosesnya yang kebanyakan memakai otomatisasi dan instrumentasi sehingga membutuhkan tenaga kerja yang kompeten di bidang ini. Psssttt, gaji yang ditawarkan terbilang besar loh.
Industri Perminyakan - ESM Knowledge

3. Bidang Industri Tekstil

    Kebutuhan tekstil adalah hal yang wajib ada dalam kehidupan ini. Dimulai dari pakaian, tas, dan lain-lain membuat produksi dari tekstil ini membutuhkan tenaga kerja yang memiliki kompetensi bidang otomasi untuk menjalankan proses produksi tersebut sehingga lulusan mekatronika banyak dilirik oleh para pelaku usaha ini.
Industri Tekstil - ESM Knowledge

4. Bidang Perancangan Mesin

    Dengan keterampilan gambar teknik membuat lulusan mekatronika juga banyak diberi jabatan sebagai Drafter atau menggambar dan merancang suatu mesin ataupun bisa menggambar instalasi listrik pabrik dan lainnya. Cocok sekali untuk yang suka gambar dan memiliki ketelitian yang mantap. Gaji yang ditawarkannya pun cukup besar untuk projek-projek yang dikerjakan.
Perancangan Mesin - ESM Knowledge

5. Maintenance

    Sudah sangat umum untuk lulusan teknik pastinya akan diberi jabatan sebagai maintenance suatu mesin, instalasi listrik, perangkat elektronik, dan lain-lain. Peranan seorang maintenance juga sangat dibutuhkan disetiap industri sehingga peluang diserapnya lulusan mekatronika sangat besar disini. Admin juga sebelum kuliah pernah bekerja dan menjabat di bagian maintenance (cie curhat. hehe).
Maintenance - ESM Knowledge

6. Bidang Industri Farmasi

    Prospek kerja di bidang farmasi juga sangat dibutuhkan karena kebutuhan dari proses produksi yang steril dan kendali robotik sehingga lulusan mekatronika juga sering dipanggil untuk bekerja di perusahaan farmasi. Menurut pengakuan teman saya yang bekerja di salah satu perusahaan farmasi di daerah Cimahi, kemungkinan untuk menjadi karyawan tetap sangat terbuka bagi yang kompeten di bidang otomasi dan instrumentasi karena perannya sangat dibutuhkan disana.
Industri Farmasi - ESM Knowledge

7. Bidang Industri Elektronik

    Pastinya para pelaku perusahaan elektronik juga akan merekrut para lulusan yang memiliki kompetensi elektronik untuk membantu proses produksi, pengecekan kualitas barang (QC), serta membuat kontrol kendali pabrik agar dapat berjalan dengan lancar.
Industri Elektronik - ESM Knowledge

8. Bidang Computer Hardware/Software System

    Yap betul tidak menutup kemungkinan bahwa lulusan mekatronika juga bisa terjun untuk menjadi para teknisi komputer atau pun developer software karena salah satu kompetensi yang diajarkan juga berkaitan dengan bidang informatika. Kemampuan ini juga sangat dibutuhkan di jaman sekarang salah satunya juga kendali Embedded System atau IoT yang sekarang sedang trend untuk suatu sistem kendali.
Bidang IT - ESM Knowledge

9. Guru atau Dosen

    Pastinya Institusi pendidikan membutuhkan tenaga pengajar untuk mengajar ilmu elektro entah itu di SMP, SMK/SMA, dan perkuliahan. Pekerjaan yang sangat mulia ini pastinya banyak yang menginginkannya dan lulusan mekatronika juga berkesempatan untuk menjadi bagian dari pengajar ini.
Guru dan Dosen - ESM Knowledge

10. Wirausaha

    Memiliki usaha sendiri pastinya akan menyenangkan bagi kita, yang pasti kitalah yang akan menjadi bos pada usaha kita dan tidak bekerja atau mengandalkan gaji dari orang lain. Dengan ilmu yang didapat membuat lulusan mekatronika bisa menciptakan mesin atau produk yang bernilai jual tinggi. Hal ini menjadi pekerjaan idaman karena anda lah yang memegang kendali penuh atas usaha anda.
Wirausaha - ESM Knowledge

    Dikutip dari postingan pada Kaskus dengan user bernama qym2k7, dia memaparkan beberapa prospek kerja lainnya yang bisa dilakoni para lulusan mekatronika diantaranya:
  1. Artificial Intelligence Techniques
  2. Avionics
  3. Computer Hardware and Systems
  4. Control Systems
  5. Data Communications and Networks
  6. Dynamics of Machines and Mechanisms
  7. Electromagnetic Energy Conversion
  8. Electronics
  9. Embedded & Real-time Systems
  10. Fluid Power and other Actuation Devices
  11. Human-Machine Interface Engineering and Ergonomics
  12. Industrial Automation
  13. Measurement, Instrumentation and Sensors
  14. Mechanical Design and Material Selection
  15. Mechatronic Design and System Integration
  16. Modelling and Simulation
  17. Motion Control
  18. Power Electronics
  19. Process Management, Scheduling, Optimization, and Control
  20. Process Plant and Manufacturing Systems
  21. Robotics
  22. Signal Processing
  23. Smart Infrastructure
  24. Software Engineering
  25. Systems Engineering
  26. Thermofluids
    Itulah beberapa prospek kerja dari jurusan mekaronika, semua pekerjaan yang nantinya akan kalian jalani semoga menjadikan keberkahan bagi kalian dan bagi masyarakat juga. Saya pamit dan semoga postingan ini bermanfaat. Mohon maaf bila ada salah dan kekurangan, sampai jumpa di postingan lainnya guys.
Share:

2 komentar:

Hubungi kami: