Multivibrator Monostabil

Posted on Mei 31, 2020


    Halo semua, kembali lagi di ESM Knowledge. Kali ini kita akan membahas salah satu pengaplikasian dari sebuah transistor yang bernama Multivibrator Monostable. Dalam bahasa inggris mono diartikan menjadi satu, stable adalah stabil/tetap dan dalam KBBI multivibrator adalah bentuk osilator pengenduran yang terdiri atas dua tingkat yang terhubung sehingga masukan dari tiap tingkat menjadi keluaran dari tingkat yang lain. Jadi Multivibrator Monostable adalah rangkaian regeneratif berurutan yang sinkron atau asinkron dan digunakan secara luas dalam aplikasi pengaturan waktu elektronik


    Multivibrator menghasilkan bentuk gelombang output yang menyerupai gelombang persegi simetris atau asimetris dan dengan demikian adalah yang paling umum digunakan dari semua generator gelombang persegi. Multivibrator milik keluarga Osilator yang biasa disebut " Osilator Relaksasi ". Multivibrator Monostable dapat diartikan juga sebagai suatu rangkaian yang mempunyai satu keadaan stabil. Yaitu nilai output = 0. Apabila rangkaian monostable dipicu dari luar maka akan mengalami keadaan quasistabil sehingga output menjadi 1 untuk waktu tertentu, lalu kemudian stabil kembali ke 0.


    Secara umum, multivibrator diskrit terdiri dari dua transistor lintas ditambah rangkaian yang dirancang sedemikian rupa sehingga satu atau lebih dari outputnya diumpankan kembali sebagai input ke transistor lain dengan jaringan RC (resistor dan kapasitor) yang terhubung di antara mereka untuk menghasilkan tangki umpan balik rangkaian. 

Gelombang sinyal - ESM Knowledge
Gambar 1
    Pada gambar 1 ini merupakan salah satu contoh gelombang sinyal yang dihasilkan dari Multivibrator Monostable ini dan perioda waktu pada sinyal tersebut dapat dihitung dengan rumus: 


T = 0,7 RC


keterangan :
T : Perioda (sekon)
R : resistor rangkaian (Ohm)
C : kapasitor rangkaian (Farad)

    Berikut ini ada sebuah contoh rangkaian dari Multivibrator Monostable yang terbentuk dari 2 buah transistor dan perpaduan dari rangkaian RC yang terdapat pada gambar 2 dibawah ini.

Rangkaian Monostable - ESM Knowledge

Gambar 2
    Dari rangkaian ini, didapatkan bahwa LED hijau nantinya dapat menyala ketika diberi tegangan melalui Vin dan akan mati lalu menyalakan LED merah pada perioda tertentu.

Gambar 3

 

Gambar 3
    Gelombang sinyal tersebut telah membuktikan bahwa rangkaian multivibrator monostable ini dapat bereaksi sesaat tergantung dari nilai RC yang ada pada rangkaian tersebut. Sekian untuk pelajaran kali ini, semoga apa yang kita dapatkan kali ini bisa menjadi berkah bagi kita semua. Mohon maaf bila ada kesalahan dari penjeasan ini, sampai jumpa di pelajaran yang selanjutnya.


Download disini

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Hubungi kami: