Era Industri 4.0 : Mampukah kita menghadapinya?


Era Industri 4.0 - ESM Knowledge

    Halo sobat ESM, kembali lagi di ESM Knowledge. Kali ini kita akan membahas mengenai apa itu era industri 4.0? sebuah kalimat berjudul "Industri 4.0" sudah tidak asing lagi didengar bukan? sebuah jaman dimana perkembangan teknologi dan informasi terjadi begitu cepat dan penggunaannya sudah menjadi kebutuhan sehari-hari pada seluruh umat manusia sekarang. Dampak serta peranannya pun sangat besar untuk setiap aspek kehidupan masyarakat. Namun, yang menjadi pertanyaan pada kita semua ialah "Seberapa besar kesiapan kita untuk menghadapi era industri 4.0 ini?"

    Tidak dapat dipungkiri lagi perlahan-lahan semua sudah beralih ke dunia digital, baik itu dari aspek industri, usaha, hiburan, hampir semuanya sudah mulai beralih ke digital. Dampak negatif pun terasa oleh beberapa pihak terutama para pelaku usaha tertentu yang tersaingi bahkan terhapus oleh fenomena industri 4.0 ini. Sebelum membahas lebih panjang lagi, mari kita kenali dulu dari era industri 4.0 ini.

Apa itu Industri 4.0

Sejarah Perindustrian - ESM Knowledge

    Industri 4.0 merupakan suatu jaman atau era perkembangan dari fase ke-3 dari sebuah perkembangan teknologi yang berbasis otomasi. Perkembangan yang dimaksud ialah menyatukan teknologi otomasi dan teknologi cyber/network menjadi satu kesatuan yang menciptakan suatu revolusi teknologi yang lebih canggih. Istilah dari industri 4.0 awalnya digunakan pada sebuah proyek dalam strategi teknologi canggih pemerintah jerman yang mengutamakan pada kendali komputerisasi pabrik dan diberi nama "Industrie 4.0" pada tahun 2011. Lalu pada bulan Oktober 2012, Working Group on Industry 4.0 memaparkan rencana dari pelaksanaan industri 4.0 kepada pemerintah federal jerman dan akkhirnya pada tanggal 8 April 2013 hasil laporan akhir dari Working Group on Industry 4.0 dipaparkan di Hannover Fair.

    Dari kejadian tersebut, industri 4.0 mulai menyebar ke seluruh dunia dan seluruh aspek kehidupan terutama pada bidang teknologi. Dampak dari perkembangan teknologi yang baru ini membuat efisiensi pada pekerjaan menjadi lebih efektif dan tentunya biaya dari suatu proses produksi menjadi lebih murah untuk beberapa hal. Dari segi kendalinya pun yang berbasis koneksi internet menjadikan kendali yang fleksibel, mudah, serta lebih cepat dibandingkan sebelumnya. Selain di bidang produksi, dampak lain yang juga terasa oleh masyarakat ialah pertukaran informasi yang lebih mudah dilakukan kapan saja dan dimana saja. 

Dampak Industri 4.0

    Pengaruh yang ditimbulkan dari industri 4.0 ini memiliki dampak yang sangat positif untuk kehidupan kita, namun hal ini juga sekaligus memberi dampak buruk juga bagi beberapa bagian. Berikut  ini dampak yang dihasilkan dari era industri 4.0 ini:

1. Sosial

    Pengaruh industri 4.0 sangat berdampak pada perilaku sosial umat manusia sekarang, karena kemudahan dan kecanggihan dalam bertukar informasi yang lebih mudah dan cepat membuat aktivitas komunikasi jaarak jauh menjadi hal yang sangat mungkin untuk dilakukan, misalkan rapat, sekolah/kuliah, berbincang-bincang dengan orang lain menjadi mudah untuk dilakukan walau terkendala oleh jarak yang jauh. Namun dampak buruknya banyak sekali kasus penyebaran HOAX, penipuan, dan lain-lain yang mempengaruhi kehidupan sosial manusia. Hal ini juga mempengaruhi perilaku manusia jaman sekarang yang cenderung lebih peduli pada gadget ketimbang lingkungan sekitar.

2. Industri dan Ekonomi

    Banyak hal yang berubah setelah datangnya era industri 4.0 ini, mulai dari biaya produksi yang murah, penggunaan yang mudah dan fleksible, serta efektivitas yang dihasilkan sangat besar. Hal ini membuat para pelaku usaha mulai mengimplementasikan industri 4.0 pada usaha mereka. Hal buruk yang terjadi adalah para karyawan dari para pelaku usaha ini sedikit demi sedikit tersisihkan oleh teknologi karena biaya untuk memberi upah, efektivitas produksi, proses produksi cepat, semua itu sudah diambil alih peranannya oleh teknologi. 

3. Teknologi

    Pastinya industri 4.0 ini memberi pengaruh langsung pada teknologi jaman sekarang. Yang paling populer dan banyak sekali dibahas ialah IoT (Internet of Things). IoT memungkinkan untuk membuat kendali yang tidak membutuhkan tenaga manusia pada proses pengerjaannya. Hal ini berdapak baik dan sekaligus buruk karena peran manusia sudah mulai dikesampingkan karena teknologi, dan karena kendalinya berbasis internet sehingga rentan terhadap peretasan atau hacking oleh orang-orang yang tidak bertanggung-jawab.

4. Lingkungan

    Dengan teknologi yang lebih canggih membuat beberapa pihak yang secara langsung terjun di bidang lingkungan berupaya membuat inovasi untuk membudidayakan lingkungan sekitar misalkan membuat lahan tanaman otomatis berbasis IoT, hidroponik, dan budidaya lainnya yang dapat menggunakan sistem kerja dari industri 4.0 ini. Namun dampak buruk yang dihasilkan terutama pada bidang non-lingkungan adalah limbah dari industri yang semakin banyak karena proses produksi yang lebih cepat dari sebelumnya membuat lingkungan disekitar tercemar.

Solusi a'la ESM

    Disini saya akan mengutarakan opini pribadi saya untuk bisa bertahan dan menjalani hidup di era industri 4.0 ini. Dengan background saya di bidang teknik menjadikan opini ini bersangkutan dengan peran teknologi itu sendiri. Banyak sekali hal yang diluar teknologi yang juga menjanjikan untuk dapat dilakukan di era industri 4.0 ini, untuk itu silahkan kita diskusikan hal-hal apa saja itu di kolom komentar yah sobat ESM. Langsung saja berikut hal yang membuat kita bisa bertahan dan menjalani hidup di era industri 4.0 a'la ESM:

1. Keahlian Teknis

    Dengan berkembangnya teknologi membuat beberapa pekerjaan mulai terhapuskan, hal ini menuntut kita untuk terus belajar hal baru dan juga memiliki disiplin keahlian teknis pada diri kita untuk dapat bersaing di era industri 4.0 ini. Keahlian yang dimaksud merupakan minat dan bakat kalian yang ditekuni semisal ngoding, bikin alat, service perangkat elektronik, dan lain sebagainya. Ketika kalian menekuni bidang yang anda suka terutama tentang teknologi, memungkinkan kalian untuk lebih mudah bekerja atau membangun usaha di jaman sekarang. 

2. Keahlian Sosial

    Pada dasarnya manusia adalah mahkluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lainnya, dengan ini kita harus pandai dalam berinteraksi dan menjalin hubungan dengan orang lain. Hal ini penting karena segala usaha dan pekerjaan kita pasti melibatkan orang lain. Maka dari itu softskill seperti problem solving, berfikir kritis, kreatif, negosiasi, serta kepemimpinan haruslah kita kuasai. 

    Dari topik permasalahan diatas, kita sebaiknya selalu mempersiapkan diri kita dengan selalu belajar, pantang mengeluh dengan keadaan, dan berusaha membuat keadaan menjadi peluang bagi kita untuk bekerja dan berusaha. Karena selain banyaknya bidang usaha yang terhapus oleh era industri 4.0 justru menghasilkan bidang usaha yang baru pula. Maka dari itu tetaplah semangat dalam menjalani hidup dan teruslah berusaha untuk menggapai cita-cita kita sehingga peranan kita nantinya mampu berguna bagi nusa dan bangsa dalam era industri 4.0 ini. Itu saja topik pembahasan yang ada di postingan kali ini, mohon maaf bila ada salah kata dan bahasa yang kurang berkenan. Semoga postingan ini bermanfaat untuk kita semua. Sampai jumpa di pertemuan berikutnya sobat ESM.
Share:

1 komentar:

Hubungi kami: